18/05/2024

Presiden Jokowi menyebut PPKM akan berakhir pada akhir tahun saat acara Outlook Perekonomian Indonesia 2022, Rabu (21/12/2022). (Foto: net)

JAKARTA (FK) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbicara tentang kasus COVID-19 yang mulai terkendali. Ia bahkan menyebut kemungkinan PPKM akan berakhir pada akhir tahun.

“Mungkin nanti akhir tahun kita akan menyatakan berhenti PSBB-PPKM kita,” kata Jokowi dalam Outlook Perekonomian Indonesia 2023 seperti disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (21/12/2022).

Jokowi menceritakan kembali saat Indonesia digempur oleh COVID-19 varian Delta. Saat itu kasus harian COVID-19 mencapai 56 ribu kasus.

“Saat itu saya ingat hampir 80 persen menteri menyarankan saya untuk lockdown, termasuk masyarakat juga menyampaikan hal yang sama. Kalau itu kita lakukan saat itu, mungkin ceritanya akan lain sekarang ini,” ujar Jokowi.

Setelah itu, Indonesia kembali menghadapi varian baru, yaitu varian Omicron. Namun, kata Jokowi, Indonesia tetap tenang sehingga kasus COVID-19 terkendali.

“Untung kita saat itu masih tenang, tidak gugup, tidak geragapan, sehingga situasi yang sangat sulit itu bisa kita kelola dengan baik dan hari ini,” ujar Jokowi. fk-dtk