14/05/2024

Kesenian Lesung-Alu merupakan kesenian tradisional masyarakat Natuna. (Foto: dok)

NATUNA – Bupati Natuna Wan Siswandi ingin mengambil inspirasi dari Kota Banyuwangi untuk mengembangkan sektor pariwisata di Natuna.

Dia pun berencana untuk memperbanyak event wisata di setiap kecamatan atau desa di Natuna, bahkan yang sederhana dan dengan biaya terjangkau, agar menarik minat orang untuk berkunjung.

“Selain itu, akan dilakukan promosi melalui berbagai media, termasuk media sosial, agar informasi tentang event tersebut dapat diakses oleh orang di seluruh dunia,” kata Siswandi usai rapat bersama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna, Senin (26/02/2024).

Menurut Wan Siswandi, Natuna memiliki potensi seni budaya dan kuliner yang khas, serta banyak spot wisata yang indah, sehingga perlu dimanfaatkan untuk mengembangkan pariwisata.

Dia terinspirasi oleh transformasi Kota Banyuwangi dari daerah yang kurang dikenal menjadi kota wisata melalui penyelenggaraan event-event sederhana yang terus menerus diekspos.

Wan Siswandi berencana untuk membuat event di tingkat kecamatan dan meminta setiap desa untuk membuat event sederhana yang menyesuaikan dengan seni budaya dan kuliner lokal. Dengan demikian, dia yakin pariwisata Natuna akan berkembang, terutama dengan wacana adanya tiket pesawat murah ke depannya.

“Natuna pun diharapkan akan menjadi tujuan wisata yang menarik bagi wisatawan lokal maupun internasional, sebagaimana halnya dengan Banyuwangi yang memiliki pesona alam yang memikat,” tuturnya. FK-nang

Redaktur: Munawir Sani