15/05/2024

Situs Humas Polda Kepulauan Riau (Kepri), Tribratanews diduga mengalami serangan siber oleh pihak yang tidak bertanggungjawab, Kamis (29/2/2024). (Foto: Screenshot)

BATAM – Situs Humas Polda Kepulauan Riau (Kepri), Tribratanews diduga mengalami serangan siber oleh pihak yang tidak bertanggungjawab, Kamis (29/2/2024).

Tulisan “hacked by nothaxor 1337” terpampang jelas di halaman tersebut, disertai dengan tulisan “Hey Admin, Website ini sedang error” di bagian banner. Latar belakang situs web juga diganti.

Postingan-postingan pada halaman tersebut terlihat diunggah pada tanggal 28 Februari 2024. Peretas juga menyebut bahwa website tersebut berhasil dijebol hingga ke akses paling atas.

“Pak website nya jebol pak. Segera perbaiki sampai ke akses paling atas ya pak hehehe. Hacked by nothaxor 1337,” tulis peretas.

Postingan tersebut juga muncul di headline postingan website Tribratanews Polda Kepri. Namun, halaman lain pada website tersebut terlihat tidak terganggu oleh serangan tersebut.

Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Zahwani Pandra Arsyad membenarkan adanya serangan tersebut. Ia menyatakan bahwa saat ini tim penyidik dari Subdit Cyber, Ditreskrimsus Polda Kepri tengah melakukan penyelidikan terkait insiden ini.

“Saat ini tengah dilakukan penyelidikan oleh Tim Penyidik TP Siber,” ujarnya. FK-mun

Redaktur: Munawir Sani