04/05/2024

Ilustrasi Sarang Burung (Foto: Realfood)

JAKARTA – Sarang burung telah dipercaya khasiatnya sebagai asupan yang menyehatkan. Populer sebagai campuran dessert, ternyata ini manfaat sehatnya!
Sarang burung sudah berabad-abad dimanfaatkan oleh pengobatan tradisional China untuk menyehatkan tubuh. Menurut catatan sejarahnya kebiasaan konsumsi sarang burung bahkan sudah ada sejak dinasti Tang dan Sung.

Di masa lampau konsumsi sarang burung hanya diperuntukkan bagi keluarga kerajaan dan orang-orang kaya saja. Sarang burung yang paling awam dikonsumsi adalah sarang burung walet yang dihasilkan paling banyak dari Indonesia.

  1. Mengatasi penyakit

Sarang burung walet memiliki komponen bioaktif yang aman untuk dikonsumsi. Menurut penelitian konsumsi sarang burung walet paling ampuh untuk menangkal virus penyebab flu.

Beberapa penelitian di laboratorium juga menunjukkan hasil yang signifikan tentang dampak konsumsinya terhadap tubuh. Hasilnya sarang burung walet dapat membantu menghancurkan sel-sel kanker yang tumbuh terlalu cepat di dalam tubuh.

Tetapi ilmuwan menyayangkan dalam berbagai penelitian belum terlihat adanya kehadiran komponen antikanker. Sehingga masih dibutuhkan penelitian lebih dalam untuk melihat komponennya yang lebih lengkap.

  1. Menjaga kekuatan tulang

Pada penemuan selanjutnya, para ahli menemukan adanya potensi lain dari konsumsi sarang burung walet. Sarang burung walet dapat berfungsi sebagai suplemen therapeutic.

Artinya konsumsi sarang burung walet dapat dimanfaatkan sebagai suplemen alami untuk penyembuhan beberapa penyakit tertentu. Secara khusus ilmuwan menyebut penyakit yang cocok untuk diterapi dengan konsumsi sarang burung walet adalah osteoarthritis dan penyakit tulang.

Beberapa upaya penelitian telah berusaha membuktikan efek pengaruh konsumsi sarang burung walet pada kepadatan tulang. Walaupun belum banyak ditemukan tetapi data yang terungkap menunjukkan hasil yang positif.

  1. Menjaga ketajaman fungsi otak

Merujuk pada penelitian yang dilakukan terhadap hewan-hewan percobaan, konsumsi sarang burung walet dikaitkan dengan manfaatnya pada otak. Ada komponen istimewa yang diungkapkan dapat menjaga kesehatan otak.

Pada penelitian tersebut ditemukan bahwa sarang burung walet cocok sebagai suplemen untuk pasien yang mengalami gangguan kognitif. Misalnya Alzheimer, Parkinson’s, cedera otak, hingga stroke.

Cara kerjanya sarang burung walet akan mengaktifkan komponennya dan mengatasi peradangan atau inflamasi di dalam otak. Selain itu konsumsi sarang burung walet secara rutin juga dapat membantu menurunkan stres oksidatif akibat radikal bebas.

  1. Mengendalikan diabetes

Diabetes menjadi gangguan metabolisme yang banyak sekali diidap oleh orang dewasa di dunia. Kadar gula darah yang tinggi ditambah dengan stres oksidatif membuat risiko terjadinya diabetes meningkat.

Sebuah penelitian dilakukan oleh ahli dengan melibatkan tikus laboratorium yang diberi asupan sarang burung walet. Hasilnya ditemukan penurunan diabetes yang didapatkan dengan mengatasi stres oksidatifnya.

Hal ini menjadi pengusik rasa penasaran ahli untuk mempelajarinya lebih dalam. Saat ini pengamatan dan penelitian efeknya terhadap manusia tengah dilakukan.

  1. Menyehatkan kulit

Bukan lagi rahasia jika manfaat sarang burung walet digunakan untuk kecantikan. Banyak produk kecantikan, baik kosmetik maupun suplemen, yang mengklaim dapat melembabkan, mencerahkan, dan melindungi kulit dengan komponen sarang burung waletnya.

Faktanya protein yang ada di dalam sarang burung walet memang dapat membantu memperbaiki dan melindungi lapisan kulit. Bahkan dengan mengonsumsi sarang burung walet juga dapat membantu kulit awet muda.

Menurut penelitian terbaru, manfaat ini didapatkan dari kandungan kolagen yang tinggi dalam sarang burung walet. Sehingga tak hanya melembabkan tetapi sarang burung walet juga dapat memperbaiki tekstur kulit wajah. FK-elv/dtc

Redaktur: Munawir Sani