29/04/2024

Satgas Pangan Polda Kepri bersama sejumlah pihak terkait melakukan pengecekan di sejumlah pasar di Kota Batam, Selasa (26/3/2024). (Foto: mun)

BATAM – Satgas Pangan Polda Kepri bersama sejumlah pihak terkait melakukan pengecekan di sejumlah pasar di Kota Batam, Selasa (26/3/2024).

Dalam pengecekan tersebut, petugas menemukan beberapa makanan kaleng yang tidak memiliki izin edar, yang kemudian disita oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk dimusnahkan.

Beberapa lokasi yang diperiksa termasuk Pasar Puja Bahari, Pasar Mitra Raya, Minimarket Swalayan BPS Mitra Raya, Gudang Distributor Sembako P. Srijaya Indah, dan PT. Prima Mitra Niaga.

“Dalam pengecekan itu ditemukan sejumlah makanan kaleng yang tak memiliki izin edar. Makanan kaleng tersebut kemudian disita BPOM untuk dimusnahkan. Pengecekan di swalayan pasar dan swalayan yang terdapat di Pasar Mitra Raya Batam Centre Kota Batam, didapat beberapa makanan kaleng yang sedikit penyok, dan juga telah diberikan imbauan untuk tidak dipajang di etalase,” kata Ditreskrimsus Polda Kepri, Kombes Putu Yudha Prawira, pada Selasa (26/3/2024).

Selain itu, Subdit I Ditreskrimsus Polda Kepri juga memeriksa beberapa harga bahan pangan. Hasilnya, beberapa harga masih stabil. Berdasarkan pemantauan, harga-harga sembako seperti beras, gula pasir, cabai, bawang merah, bawang putih, minyak goreng, daging sapi, daging ayam, telur ayam, dan kedelai terpantau stabil.

“Pemantauan harga dan ketersediaan barang kebutuhan bahan pokok menunjukkan bahwa harga-harga dalam keadaan stabil untuk supply dan distribusi yang lancar serta stok yang mencukupi,” ujarnya.

Kegiatan pengecekan ini dilakukan sebagai upaya untuk mengantisipasi tindak pidana penimbunan bahan pokok, peredaran makanan kadaluarsa, dan memastikan ketersediaan bahan pokok pangan yang cukup menjelang bulan Ramadan dan perayaan Idulfitri 1445 Hijriah.

Tim yang terlibat dalam pengecekan ini meliputi Subdit 1 Indagsi Ditreskrimsus Polda Kepri, Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan Provinsi Kepri, Disperindag Kota Batam, Dinas Ketahanan Pangan Kota Batam, Kasub Divre Bulog Kota Batam, BPOM Kepri di Batam, dan Satgas Pangan Polresta Barelang. FK-mun

Redaktur: Munawir Sani