29/04/2024

Bandar Udara Internasional Hang Nadim Batam. (Foto: kompas)

BATAM – Bandar Udara Internasional Hang Nadim Batam memperkirakan lonjakan jumlah penumpang saat arus mudik Hari Raya Idulfitri, dengan prediksi lonjakan mencapai 10 persen dimulai dari tanggal 5 April 2024 atau H-5 sebelum lebaran.

“Diprediksi kenaikan jumlah penumpang akan mulai terlihat sejak H-5 atau pada tanggal 5-6 April 2024,” kata Direktur Utama PT Bandara Internasional Batam, Pikri Ilham Kurniansyah, pada Selasa (26/3/2024).

Pikri menyebut bahwa lonjakan penumpang diprediksi mencapai 10 persen dari tahun sebelumnya pada puncak arus mudik. Bandara Hang Nadim telah mempersiapkan diri untuk melayani lonjakan tersebut.

“Dalam rangka kesiapan arus mudik dan arus balik mudik lebaran 2024, pihaknya juga mendirikan posko terpadu selama masa tersebut. Selain itu, juga disiapkan fasilitas lain untuk masyarakat yang akan melaksanakan mudik lebaran 2024 melalui Bandara Internasional Hang Nadim Batam,” ujarnya.

Bandara juga membuka Posko Terpadu Angkutan Lebaran 1445 H/2024 M selama 16 hari kalender sesuai peraturan Menteri Perhubungan RI. Fasilitas pendukung bagi penumpang transit yang bermalam juga telah disiapkan.

“Pihak Bandara Hang Nadim telah melakukan rapat koordinasi untuk memastikan pelayanan angkutan lebaran tahun ini berjalan aman, lancar, dan kondusif,” tambahnya.

Beberapa maskapai telah mengajukan penambahan jadwal penerbangan saat puncak arus mudik, termasuk beberapa rute baru seperti tujuan Jambi, Pangkal Pinang, dan Balikpapan.

“Sejalan dengan momentum Ramadan dan Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, tiga rute baru akan segera direalisasikan seperti Jambi, Pangkal Pinang, dan Balikpapan. Penambahan extra flight dari masing-masing airline juga telah diajukan,” jelas Pikri. FK-mun

Redaktur: Munawir Sani